Monday, September 17, 2012

Gunung Bromo - Menyongsong Indahnya Matahari terbit

Sewa Motor di Malang Ke Bromo hubungi 085755665186

Gunung Bromo

Menyongsong Indahnya Matahari Terbit  

 

7505328306 442a2315f3 n Bertualang Melihat Pesona Gunung Bromo

 Meski masih aktif Gunung Bromo tetap menjadi daya tarik wisata Jawa Timur. Gunung ini berada di empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo. Karena itu, untuk mencapai Gunung Bromo, Anda bisa masuk melalui empat pintu masuk di empat kabupaten tersebut. Dari arah Lumajang, pintu masuknya adalah desa Burno atau Ranu pane, kecamatan Senduro. Dari arah Malang Anda bisa masuk melalui desa Ngadas, kecamatan Poncokusumo. Dari Pasuruan, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari dapat Anda jadikan pintu masuk. Sedangkan dari Probolinggo, Gunung Bromo dapat dicapai melalui Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura.

Daya tarik utama kawasan Gunung Bromo adalah keindahan Matahari kala terbit (Bromo Sunrise) yang dapat disaksikan dari Puncak Penanjakan yang berketinggian 2.770 m di Atas permukaan laut. Untuk menikmati detik-detik Matahari terbit ini, dari Malang Anda harus berangkat pada pukul 00.30 WIB.



Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam, Anda akan tiba di Pos pintu masuk Gunung Bromo. Kalau dari arah Surabaya atau Malang lebih baik Anda masuk melalui pos Wonokitri, Pasuruan, atau melalui Pos Cemoro Lawang. Di pintu masuk Anda harus berganti kendaraan jip yang bisa Anda sewa di sana. Kalau suka petualangan Anda juga bisa sewa sepeda motor dari Malang untuk naik ke Penanjakan dan Lautan Pasir. Anda bisa juga membeli atau menyewa jaket, penutup kepala, kaos tangan, syal, dll. Pakaian penghangat Anda perlukan karena udara di puncak Penanjakan sangat dingin. Pada bulan Juli dan Agustus suhunya berkisar 10 – 15 derajat celcius, terkadang bisa mencapai 3 – 5 derajat celcius.

Setelah siap, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Puncak Penanjakan selama kurang lebih 30 menit, melewati kegelapan malam. Selama perjalanan, bersiaplah untuk terguncang-guncang, karena sebagian ruas jalan mengalami kerusakan akibat longsor ataupun gerusan air hujan. Tiba di puncak penanjakan, Anda harus melewati anak tangga menuju tribun pandang.

Bila datang lebih awal di Puncak Penanjakan, Anda bisa istirahat sejenak di warung-warung/kafe yang bertebaran di kanan-kiri jalan menuju tribun pandang. Warung-warung ini menyediakan makanan dan minuman hangat seperti lie rebus, mie goreng, pisang goreng, jagung bakar, roti bakar, serta aneka minuman semacam kopi, teh, susu, dan jahe.

sewa sepeda motor di malang ke bromoMatahari biasanya mulai menampakkan diri pada pukul 04.30 WIB. dan Matahari mulai terlihat sinarnya yang kuning kemerah-merahan sekitar pukul 04.45-05.15 WIB. Setelah Matahari semakin tinggi, perlahan-lahan akan terlihat gugusan pegunungan. Samar-samar akan terlihat Gunung Batok, Gunung Bromo, Gunung Kursi, dan Gunung Semeru yang menjulang seperti menembus awan. Tetapi bila sedang berkabut, sampai pukul 06.00 pun pemandangan alam itu tidak terlihat karena berselimut awan putih. Kawah Bromo dengan asapnya yang terus keluar dapat dengan mudah Anda kenali. Latar belakang Gunung Semeru menampakkan indah pemandangan. Semakin siang, pemandangan lautan pasir juga semakin terlihat jelas dan semakin mempesona.

sewa motor malang bromoSetelah puas melihat dari puncak, Anda bisa turun ke lautan pasir seluas 10 km persegi dan selanjutnya berhenti di sentral parkir dekat Pura Luhur Gunung Bromo. Pura ini adalah satu-satunya tempat peribadatan Suku Tengger yang mayoritas beragama Hindu.
sewa sepeda motor malang ke bromo 




Dari sentral parkir, Anda bisa menuju kawah Gunung Bromo. Tentu saja bila sang gunung sedang tidak aktif. Kalau kuat, Anda bisa berjalan kaki. Namun, Anda juga bisa naik kuda dengan tarif sekali jalan Rp. 50.000,- dan pulang-pergi Rp.100.000,-. Tarif ini masih bisa ditawar.

Sampai di kaki Gunung Bromo, Anda akan dihadapkan pada tantangan berikutnya yaitu menaiki anak tangga dengan kurang lebih 250 anak tangga. Sampai di Puncak, Anda akan melihat kawah Gunung Bromo yang terus mengeluarkan asap. Kalau beruntung, Anda akan melihat beberapa orang dari suku Tengger melakukan ritual tertentu.

Do & Don’t
  •  Bawalah baju hangat sendiri bila tidak ingin menyewa.
  • Oleskan lip gloss atau madu untuk menghindari bibir pecah akibat udara dingin.
  • Berangkatlah lebih awal agar bisa parkir lebih dekat dengan puncak Penanjakan.
  • Hati-hati berkendara menuju pos masuk karena di kanan-kiri anda banyak jurang, tikungan tajam, dan jalur yang curam.
  • Siapkan obat-obatan dan masker untuk menghindari debu terutama saat di lautan pasir.
  • Setiba di Puncak Penanjakan, pastikan Anda mengingat-ingat warna jip yang Anda tumpangi, bila perlu meminta nomor HP pengemudi.
  • Siapkan sapu tangan/tissue sebelum naik ke kawah Gunung Bromo karena sering kali angin tiba-tiba berhembus membawa asap yang mengandung belerang dari dasar kawah Bromo.
Informasi Wisata Bromo
  •  Lokasi : Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo.
  • Harga Tiket masuk : Umum Rp.2.500,- per orang (tanpa kamera/handycam); Rp.5.000,- per orang (dengan kamera), atau Rp.15.000,- per orang (dengan Handycam) + asuransi Rp.2.000,- per orang Tiket masuk pelajar : Rp.1.250,- per orang + asuransi Rp.2.000,- per orang.
  • Parkir Mobil : Rp.6.000,- per unit
  • Parkir Sepeda Motor : Rp.3.000,- per unit
  • Sewa Jeep bromo Penanjakan Rp 350,000 ; Sewa Jeep Bromo Penanjakan, Savana, lautan pasir   Rp 600.000
  • Sewa Motor Malang Bromo 24 jam antara Rp 60,000 - Rp 90,000 untuk harga pasti cek aja ke Kinanthi MotoRent.
  • Sewa Mobil Malang Bromo Rp 600,000 silahkan hubungi 085755665186.
  • Fasilitas pendukung : Tempat parkir, warung makang, toilet dan musholla.

7505323644 05e0a518c8 n Bertualang Melihat Pesona Gunung Bromo7517907506 71b0004e47 n Bertualang Melihat Pesona Gunung Bromo



disadur dari Where to Go Malang, Intisari

No comments:

Post a Comment